Harus Coba! 9 Street Food Italia yang Unik Sekaligus Nikmat Bikin Nagih

Harus Coba! 9 Street Food Italia yang Unik Sekaligus Nikmat Bikin Nagih

Italia menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk Benua Eropa. Negara ini terkenal dengan banyak wisata alam yang sangat cantik ditambah banyak kuliner yang juga nikmat. Tidak hanya pizza yang harus anda coba ketika berkunjung ke Italia, namun ada juga banyak street food Italia lain yang wajib dicoba dengan rasa unik dan tentunya nikmat. Penasaran?, berikut ulasannya untuk anda.

1. Calzone

Street food Italia pertama yang wajib anda coba adalah calzone. Ini adalah sejenis pizza yang dilipat menjadi dua bagian dan terdiri dari banyak isian seperti ham, sayuran, ricotta, keju, telur sampai parmesan.

Kuliner Italia ini berasal dari kawasan Campania yang pertama kali dibuat di abad ke-18. Untuk calzone tradisional dibuat dengan cara dipanggang di oven. Namun sekarang, calzone sudah bisa ditemukan lebih mudah di seluruh dunia. Meski begitu, jika ingin mencicipi rasa calzone asli, maka sebaiknya anda berkunjung ke daerah Napoli.

2. Stigghiola

Stigghiola adalah salah satu street food Italia yang juga sangat populer dan wajib dicoba yang biasanya bisa ditemukan dengan mudah di Kota Palermo, Kepulauan Sisilia.

Stigghiola ini terbilang unik sebab dibuat dari usus ayam atau usus domba yang dibumbui dengan garam kemudian ditusuk dan dipanggang. Kuliner ini ditambahkan dengan banyak bumbu lainnya seperti bawang bombay, peterseli dan berbagai jenis rempah lain. Bahkan, anda juga bisa menemukan usus yang ditusuk bersama bawang daun.

3. Panzerotti

Panzerotti adalah street food khas Italia yang berasal dari wilayah Apulia namun sudah bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Italia. Tampilan Panzerotti ini terlihat seperti pizza calzone berukuran kecil namun diolah dengan cara digoreng sehingga sering disebut dengan calzone fritti atau calzone goreng.

Panzerotti klasik diisi dengan mozzarella serta tomat. Sedangkan untuk sekarang ini sudah disajikan dengan banyak kombinasi seperti pepperoni provolone, bayam ricotta, prosciutto mozzarella, zucchini mozarella, bawang zaitun dan masih banyak lagi.

4. Zeppole

Jika anda senang dengan camilan manis, maka Zeppole sangat wajib untuk dicicipi. Jajanan khas Italia ini bisa ditemukan di toko roti atau ketika anda datang ke pasar raya. Zeppole dikatakan berasal dari wilayah Napoli meski sekarang sudah bisa ditemukan di seluruh wilayah Italia.

Zeppole terbuat dari adonan bola yang digoreng dan sekarang sudah diisi dengan berbagai jenis isian seperti jelly, pastry, coklat, cream atau custard. Jika Zeppole tradisional akan disajikan tanpa memakai isi dan hanya diberi sedikit gula lalu dimasukkan ke dalam kantong kertas sehingga bisa dinikmati sambil bepergian.

5. Suppli

Suppli adalah hidangan bercitarasa gurih berbentuk kroket nasi yang dilapisi tepung roti dengan tampilan seperti Arancini Sisilia. Suppli adalah camilan khas Italia yang diisi dengan mozzarella. Untuk nasi akan direbus lebih dulu dalam saus daging berbahan dasar saus tomat.

Untuk di Kota Roma, Suppli lebih dikenal dengan nama Suppli al telefono yang dalam bahasa Italia berarti untaian keju panjang meleleh seperti kabel telepon.

6. Pesce Fritto al Cono

Jika anda senang dengan seafood, maka Pesce Fritto al Cono bisa dijadikan andalan street food khas Italia yang harus dicicipi. Pesce Fritto al Cono adalah makanan laut segar yang diolah dengan cara digoreng kemudian disajikan dalam cone yang terbuat dari kertas.

Pesce Fritto al Cono bisa ditemukan dengan mudah di Kota Pelabuhan Italia sebab bahan dasarnya bisa langsung diperoleh dari perahu nelayan yang datang ke pelabuhan setiap pagi. Seafood akan dimasukkan ke dalam adonan tepung dasar lalu digoreng langsung di depan pembelinya.

Umumnya, di dalam cone akan diisi dengan banyak olahan hasil laut seperti ikan kecil, udang serta cumi-cumi. Sebagai pelengkap, seafood ini akan diberi sedikit air lemon pada bagian atasnya dan langsung dinikmati sambil melihat pemandangan indah di Italia.

7. Lampredotto

Lampredotto adalah street food Italia yang lebih tepatnya berasal dari Florentina. Lampredotto terbuat dari perut sapi yang dimasak bersama bawang, kaldu, tomat serta peterseli. Umumnya Lampredotto akan disajikan di piring atau dipakai sebagai isian sandwich memakai roti semelle.

8. Pani ca Meusa

Pani ca Meusa bisa ditemukan di hampir semua jalan kota. Ini adalah sandwich tradisional Sisilia yang diisi paru-paru serta limpa anak sapi. Pani ca Meusa dalam bahasa Italia sendiri berarti roti dengan limpa.

Kombinasi dari daging yang empuk, keju caciocavallo serta roti vertedda lembut sekaligus pedas membuat street food khas Italia ini semakin lezat dan sangat beraroma. Ketika ingin disantap, pada bagian atasnya bisa ditambahkan dengan perasan lemon.

9. Piada

Piada atau biasa disebut dengan piadina adalah street food Italia terkenal berikutnya yang populer sehingga harus dicicipi. Piada banyak dijual di wilayah Emilia Romagna di antara Pegunungan Apennine serta Laut Adriatik. Resep Piada sendiri sudah diturunkan dari generasi ke generasi dan sekarang dibuat ulang memakai teknik modern.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama